Minggu, 18 Januari 2015


PROGRAM KERJA BAITUL MAAL ABA MALANG

Penghimpunan

1.    Zakat ( Zakat Fitrah dan Zakat Maal )
       BM ABA cab. Malang menerima dan mengumpulkan zakat fitrah maupun zakat maal.  Kami akan   menyalurkan zakat tersebut sesuai dengan syariat untuk membantu kemaslahatan ummat.  
2.    Infaq dan shadaqah
       BM ABA cab. Malang menghimpun dana infaq atau shadaqoh dari para aghniyak. Dana tersebut akan digunakan untuk menjalankan berbagai kegiatan yang berguna mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
3.    Wakaf tunai
       BM ABA cab. Malang menerima dana wakaf dari para aghniyak dan dana tersebut akan disalurkan sesuai dengan yang diamanahkan kepada kami.
4.    Salur Hewan Qurban
       BM ABA cab. Malang pada bulan Dhulhijjah, menjelang hari Raya Idul Adha, menerima Hewan Qurban. Hewan Qurban tersebut akan disalurkan ke daerah binaan atau daerah miskin.
5.    Infaq Barang Bekas Berkualitas
       BM ABA cab. Malang menerima Infaq dari kaum muslimin berupa barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai. Barang bekas tersebut akan kami uangkan atau akan disalurkan langsung kepada orang yang masih bisa mengambil manfaatnya.
6.    Kotak Infaq
       BM ABA cab. Malang akan berusaha untuk menyebar kotak infaq ke tempat-tempat yang strategis untuk menghimpun infaq dari kaum muslimin sekitarnya.
7.    GS3 (Gerakan Sehari Seribu Saja)

       BM ABA cab. Malang meluncurkan program GS3 bertujuan  untuk membangun kesadaran berinfaq bagi para aghniyak/calon aghniyak yakni dengan hanya menyisihkan uang seribu setiab hari,

Pendayagunaan
     1.  Program Dakwah Islamiyah
          Pada dasarnya setiap individu muslim diperintahkan untuk melaksanakan dakwah islam sesuai dengan kemampuannya. Sebab, setiap individu muslim adalah mukallaf yang dibebani dengan sejumlah hukum syariat. Diantara hukum syariat yang dibebankan ALLAH SWT adalah Dakwah. Oleh karena itu setiap muslim wajib mengemban Dakwah Islamiyah sesuai dengan batas-batas yang telah ditetapkan oleh syariat.
          Oleh karena itulah, Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cab. Malang ikut ambil bagian dalam pengembangan dakwah islamiyah melalui program-program kerjanya:
     a.  Pengiriman Da’i
          ~ Pengiriman Da’i ke TPA
          ~ Pengiriman Da’i ke tempat majlis ta’lim
          ~ Pengiriman Khotib
     b.  Mukafa’ah Da’i
          ~ Memberi bantuan dana operasional Da’i utusan
          ~ Memberi santunan kepada keluarga Da’i
     c.  Bantuan Operasional Lembaga Dakwah
          ~ Memberi bantuan dana pembangunan tempat lembaga dakwah
          ~ Membantu pengadaan buku-buku islam
     d.  Bedah Buku dan Pengajian Umum
          ~ Mengadakan seminar / pelatihan
          ~ Mengadakan bedah buku / pengajihan umum
      e.  Membuat Rumah Qur’an



         2.  Program Pendidikan
            Rasulullah saw, berfirman,” Menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim”. Berpijak dari Hadits ini kita memahami bahwa, berilmu adalah hak setiap manusia. Karena menuntut ilmu adalah kewajiban setiap muslim yang harus dilakukan sejak ia dilahirkan. “ Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”. (Al Hadits)
         Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cab. Malang tergerak untuk membantu kaum Muslimin dibidang pendidikan dengan mempunyai program-program sebagai beikut:
     a. Bantuan Sarana Pendidikan
         ~ Memberi dana bantuan pembangunan sarana pendidikan
         ~ Membantu pengadaan alat-alat pendidikan melalui program “Paket Sekolah”
     b. Beasiswa Anak Didik Berprestasi dan Tidak Mampu
         ~ Beasiswa SPP anak didik yang berprestasi dan tidak mampu
         ~ Bantuan tunai pendidikan atau beasiswa untuk santriwan dan santriwati di pondok pesantren



          3.  Program Kesehatan Umat
          Jika kita pahami dalam ajaran agama islam, ternyata perhatian islam akan kesehatan sangatlah besar. Di dalam agama islam kita dianjurkan untuk selalu hidup sehat dan menjaga tubuh kita agar tidak mudah sakit sehingga bisa menjalankan kewajiban tanpa ada halangan sakit. Menjaga kesehatan baik jasmani maupun rohani adalah misi dari agama islam dan merupakan bagian pelaksanaan dari syari’at islam. Rasulullah saw sendiri selalu menganjurkan kita untuk selalu berdo’a meminta kesehatan kepada ALLAH SWT.
          Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cab. Malang melalui program kesehatan, ikut berperan aktif  dalam membangun umat yang sehat jasmani maupun rohani dengan program layanan sebagai berikut:
      a.  Layanan Kesehatan Umat
          ~ Mengadakan acara “Bekam Gratis untuk Umat”
          ~ Mengadakan pengobatan massal untuk umat yang kurang mampu
      b. Santunan Kesehatan Insidental
          Membantu meringankan beban masyarakat kurang mampu yang terkena musibah sakit dan membutuhkan biaya besar.
      c. Solidaritas Bencana
          Membantu masyarakat yang terkena musibah bencana alam, berupa bahan makanan, pakaian layak pakai, obat-obatan, bantuan dana tunai dan lain-lain.



         4.   Program Berkah Umat
          Allah SWT berfirman, “ Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan) orang-orang yang menafkahkan hartanya dijalan ALLAH SWT adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah SWT melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan ALLAH Maha Luas (Kurnia-NYA) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:261)
          Demikian semoga firman ALLAH SWT ini semakin menggerakkan hati para dermawan sekalian, bahwasanya apa yang kita serahkan dijalan ALLAH SWT akan mendapat ganti yang berlipat ganda dan selalu di Ridhoi-NYA. Oleh karena itu, Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cab. Malang menggulirkan program Berkah Umat, yakni

# Tunjangan Keluarga Miskin dan Gharimin

             ~ Memberi bantuan berupa paket sembako, pakaian ataupun uang tunai

             ~ Memberi bantuan paket lebaran (Idul Fitri ataupun Idul Adha)



         5.  Ukhuwah Dunia Islam
          Dari Nu’man bin Basyir ra, Rasulullah saw bersabdah:” Perumpamaan orang-orang mukmin dalam hal kecintaan dan kasih sayang diantara mereka adalah laksana satu tubuh, yang apabila terdapat salah satu anggota tubuhnya yang sakit, maka seluruh tubuhnya akan merasakan sakit, dengan tidak dapat tidur dan demam.” (HR. Muslim). Dari Qatadah ra, Rasulullah SAW bersabdah:” Tidak beriman salah seorang diantara kalian, hingga ia mencintai saudaranya sebagaimana ia mencintai saudaranya sendiri.” (HR. Bukhari)
         Berpijak pada dua hadits di atas, kita memahami bahwa sesama muslim adalah saudara, dimanapun mereka berada, tidak terbatas oleh sekat-sekat pulau maupun negara. Sehingga kita tetap merasa berkewajiban membantu saudara seiman, semampu kita, dimanapun mereka berada. 
         Oleh karena itu, Baitul Maal Abdurrahman Bin Auf Cab. Malang mempunyai program Ukhuwah Dunia Islam, yaitu dengan mengadakan Tablik Akbar / Penggalangan Dana untuk membantu umat islam yang sangat membutuhkan dimanapun mereka berada.

0 komentar:

Posting Komentar